«

»

Jan 12

Cetak ini Pos

Angka 9

Angka 9

Ternyata angka 9 itu memang angka yang sempurna dan ajaib. saya sebut angka yang sempurna karena 9 adalah angka yang terbesar. Orang Cina punya kepercayaan tentang angka 9 sebagai angka pembawa hokie.

Angka 9 ini “ajaib” karena kalau dikalikan dengan 1 sampai 10 menghasilkan susunan angka yang memperlihatkan sifat palindrom (dibaca dari depan dan dari belakang sama).Mari kita lakukan operasi perkalian:

1 x 9 = 09
2 x 9 = 18
3 x 9 = 27
4 x 9 = 36
5 x 9 = 45
6 x 9 = 54
7 x 9 = 63
8 x 9 = 72
9 x 9 = 81
10 x 9 = 90

Coba anda baca angka pertama hasil perkalian dari atas ke bawah: 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9
Coba anda baca angka kedua hasil perkalian dari bawah ke atas….: 9, 8, 7, 6, 5, 4, 3, 2, 1, 0
Inilah yang saya maksud dengan palindrom.

Coba anda perhatikan susunan angka dari baris pertama dan dari baris bawah secara bersamaan:
09 —> 90
18 —> 81
27 —> 72
36 —> 63
45 —> 54
Ini juga saya sebut palindrom!

Sekarang coba jumlahkan setiap angka pada hasil perkalian:
09 —-> 0 + 9 = 9
18 —-> 1 + 8 = 9
27 —-> 2 + 7 = 9
36 —-> 3 + 6 = 9
45 —-> 4 + 5 = 9
54 —-> 5 + 4 = 9
63 —-> 6 + 3 = 9
72 —-> 7 + 2 = 9
81 —-> 8 + 1 = 9
90 —-> 9 + 0 = 9

Bahkan angka 9 bila dikalikan berapapun akan menghasilkan angka 9 kembali bila dijumlahkan. Coba kita buat perkalian angka sembilan,  misalnya: 9 x 453 = 4077 coba kita urai dan jumlahkan = 4+0+7+7 = 18 = 1+8 hasilnya tetap 9 kan ? Masih penasaran ? coba lagi kita kasih 9 x 2505 = 22545 = 2+2+5+4+5 = 18 = 1+8 = 9 akan tetap menghasilkan angka 9.

Mitos sial seputar angka 9

Namun ada juga mitos sial angka 9 ini. Pada tahun 9 september 1999, sepuluh tahun lalu, beredar isu akan terjadinya kiamat atau bencana besar di bumi. Namun tidak terbukti. Isu itu muncul tidak lepas dari keyakinan akan mitos angka sembilan.

Di meksiko sebuah pesawat dibajak oleh beberapa orang, salah seorang pendeta menjadi pelakunya. Dia mengaku mendapat wahyu bahwa Meksiko terancam bahaya besar dan diancam gempa bumi pada tanggal 09-09-2009. Demikian dituturkannya kepada petugas keamanan setempat.

Kekaisaran Jepang kurang mengistimewakan angka sembilan. Banyak orang Jepang yang menghindari angka 9 ketika mereka memesan kamar hotel atau layanan publik lain.

Keunikan angka 9

Keunikan dalam angka Sembilan dan 9 september 2009 sangat banyak. Istana Terlarang di Beijing konon dibangun dengan 9.999 kamar. Di USA ada paket pernikahan seharga 99.99 dollar pada tanggal 09-09-09 kemarin. Jumlahkanlah 09-09-09 maka hasilnya tetap angka 9 — dari 27; 2+7=9.

Produser film Fokus Features kemarin merilis film baru berjudul “9″, sebuah film animasi tentang kiamat. Numerolog, yaitu orang-orang yang mempercayai kekuatan di balik simbol angka-angka di luar pengetahuan nyata, percaya bahwa ada kekuatan mistik dalam kombinasi angka-angka. Mereka percaya komposisi 09-09-09 memiliki kekuatan berkah.

Tanggal 9 September merupakan hari ke-252 dalam satu tahun, yang kalau dijumlahkan 2 + 5 + 2 = 9. Secara historis, para kaisar Cina juga mengagumi angka 9, berbagai bentuk arsitektur dan pakaian mereka banyak yang melambangkan angka sembilan, bahkan istana terlarang di lapangan Tiannamen, Beijing, kabarnya dibangun dengan 9.999 kamar.

Kalau posisi angka 9-9-9 dibalik maka akan menjadi 6-6-6. Angka 666 bukanlah angka keberuntungan, melainkan sejak lama dipercaya sebagai simbol setan yang berkaitan dengan konspirasi penciptaan Internet.

Angka sembilan dalam pandangan Islam

Di dalam Islam, angka sembilan juga memiliki keistimewaan. Misalnya nama Allah yang Mahaindah (al-Asmaul Husna) yang terdapat dalam al-Qur’an dan as-Sunnah berjumlah Sembilan Puluh Sembilan. Walaupun sebenarnya Allah masih memiliki nama-nama Indah lain yang tidak diberitahukan kepada para hamba-Nya.

Namun, keistimewaan angka sembilan dalam Islam tidak seperti yang diyakini oleh orang-orang non muslim atau kelompok kebatinan. Mendatangkan keberkahan atau kebalikannya, identik dengan kesialan.

Angka sembilan dalam pandangan Islam tidak identik dengan keberkahan atau keberuntungan. Masalah berkah dan untung tidak ditentukan dan tidak dipengaruhi oleh angka atau hari tertentu. Namun, ditentukan oleh Iman dan takwa.

وَلَوْ أَنَّ أَهْلَ الْقُرَى آَمَنُوا وَاتَّقَوْا لَفَتَحْنَا عَلَيْهِمْ بَرَكَاتٍ مِنَ السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ وَلَكِنْ كَذَّبُوا فَأَخَذْنَاهُمْ بِمَا كَانُوا يَكْسِبُونَ

Jika sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya.” (QS. Al-A’raf: 96)

Angka Sembilan tidak mampu mendatangkan keberuntungan atau kesialan. Keberuntungan dan kesialan hanya ada di tangan Allah. Jika Allah menginginkan kebaikan turun kepada seseorang tak ada seorangpun yang mampu menahannya. Dan jika Allah menghendaki kesulitan dan bencana menimpa seseorang tak seorangpun bisa menghcegah, memalingkan atau menghindarkannya kecuali Allah sendiri. Allah berfirman:

وَإِنْ يَمْسَسْكَ اللَّهُ بِضُرٍّ فَلَا كَاشِفَ لَهُ إِلَّا هُوَ وَإِنْ يُرِدْكَ بِخَيْرٍ فَلَا رَادَّ لِفَضْلِهِ يُصِيبُ بِهِ مَنْ يَشَاءُ مِنْ عِبَادِهِ وَهُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ

Jika Allah menimpakan sesuatu kemudaratan kepadamu, maka tidak ada yang dapat menghilangkannya kecuali Dia. Dan jika Allah menghendaki kebaikan bagi kamu, maka tak ada yang dapat menolak karunia-Nya. Dia memberikan kebaikan itu kepada siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Yunus: 10)

Meyakini kekramatan angka sembilan bagian dari kesyirikan. sehingga orang tidak bertawakkal kepada Allah lagi, tapi kepada hari tersebut. keyakinan ini disebut TATHAYYUR.

Orang yang memiliki keyakinan pensakralan angka sembilan telah masuk ke area yang sangat dilarang oleh Islam. Arena yang dekat ke musyrikan. Karena telah menganggap kalau melakukan bukan dihari tertentu jadi “sial” / “malang” dan mengurangi rasa tawakkal kepada Allah SWT. Bahkan ada yang menganggap misalnya dilarang melakukan sesuatu pada hari Rabu atau hari tertentu dalam istilah Tauhid dalam kitab Tauhid “Fathul Majid” disebut dengan “Tathayyur”. Demikian juga kalau yang beranggapan dengan angka sial misalnya angka 13 atau angka berapa saja yang menyebabkan kesialan / kemalangan / kurang beruntung, itu sudah masuk ke “Tathayyur” Tentang “Tathayyur” ini dalam Al Qur’an disebutkan di surat Al A’raf:131.

فَإِذَا جَاءَتْهُمُ الْحَسَنَةُ قَالُوا لَنَا هَذِهِ وَإِنْ تُصِبْهُمْ سَيِّئَةٌ يَطَّيَّرُوا بِمُوسَى وَمَنْ مَعَهُ أَلَا إِنَّمَا طَائِرُهُمْ عِنْدَ اللَّهِ وَلَكِنَّ أَكْثَرَهُمْ لَا يَعْلَمُونَ

Ketahuilah, sesungguhnya kesialan mereka itu adalah ketetapan dari Allah, akan tetapi kebanyakan mereka tidak mengetahui” (Al A’raf:131)

Namun, terkadang perasaan kita merasa ada harapan lebih kepada angka, hari, atau yang paling sering isyarat-isyarat tertentu. Bagaimana mengatasinya?. Nabi kita shallallahu ‘alaihi wasallam teleh memberikan tuntunan ketika perasaan ini muncul.

اَللَّهُمَّ لاَ خَيْرَ إِلاَّ خَيْرُكَ ، وَلاَ طَيْرَ إِلاَّ طَيْرُكَ ، وَلاَ إِلَهَ غَيْرُكَ

“Ya Allah, tiada kebaikan kecuali kebaikan dari-Mu. Dan tiada keburukan kecuali keburukan yang datang dari-Mu. Dan Tiada Tuhan selain-Mu.”

Semoga Allah melindugi kita dari kesyirikan yang besar maupun kecil, di antaranya keyakinan dan mitos-mitos jahiliyyah. Wallahu A’lam.

Dilain waktu akan kita bahas tentang angka lainnya.

Diolah dari berbagai sumber

Tentang penulis

Guru FKGS

Administrator Guru FKGS yang bertanggung jawab terhadap website www.gurusertifikasi.org alias www.fkgs.net dapat dihubungi di email gurufkgs@gmail.com atau gurufkgs@yahoo.com

Tautan permanen menuju artikel ini: http://gurusertifikasi.org/2013/01/12/angka-9/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>